SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET
BERBASIS WEB
PADA PT CARAKA TRAVELINDO MAKASSAR
Diajukan
oleh
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER
(STMIK)
DIPANEGARA
MAKASSAR
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Pada masa sekarang ini kemajuan teknologi sangatlah pesat, perkembangannya
kian hari kian meningkat dan persaingan pun kian ketat pula. Kemajuan teknologi
pastinya juga bersentuhan dengan komputer. Komputer merupakan sarana komunikasi
yang sangat dibutuhkan bagi setiap manusia di muka bumi ini. Hal ini dikarenakan manfaat yang diperoleh jauh
lebih besar dibandingkan dengan komponen atau alat lainnya. Komputer juga dapat
memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Komputer juga dapat
mengurangi potensi terjadinya kesalahan pengolahan data dibanding pengolahan
data secara manual, tapi tentunya semua ini tergantung dari kualitas sumber
daya manusia yang mengoperasikan komputer. Hanya saja penggunaan komputer ini
dalam beberapa bidang, pengolahan datanya terkadang masih menggunakan aplikasi
yang sederhana dan kurang kompleks sehingga dapat menyebabkan data yang
dihasilkan kurang akurat dan efisien.
PT Caraka Travelindo merupakan
perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata yang sangatlah akrab dengan
kemajuan komputerisasi. Citra dan pamor dimata masyarakat cukuplah mengangkat
nama perusahaan ini. Namun di sisi lain, ditemukan masih kurangnya informasi
yang diberikan perusahaan tersebut, baik informasi layanan pariwisata seperti
tour dan travel maupun informasi pemesanan tiket dan objek-objek wisata yang
ada di Sulawesi Selatan.
Informasi yang disampaikan melalui
website Caraka Travelindo yang digunakan pada saat ini, masih dianggap kurang
menyampaikan seluruh aspek-aspek yang menyangkut perusahaan ini. Sebagai
contoh, apabila seseorang ingin mengetahui jadwal pesawat yang akan berangkat
dan tiba, mengecek status pesawat (apakah pesawat tersebut sudah dipesan atau
belum), serta pemesanan tiket haruslah berhubungan langsung pada kantor
tersebut.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan inilah penulis mencoba
mengembangkan sistem informasi yang telah ada dan dari penelitian ini kami
mengangkat judul “Sistem Informasi Pemesanan
Tiket Berbasis WEB pada PT Caraka Travelindo Makassar”.
1.2
Pokok
Permasalahan
Berdasarkan latar belakang yang telah
dipaparkan, maka pokok permasalahan yang ditemukan adalah :
1. Banyaknya
waktu yang dibutuhkan dalam melakukan proses pemesanan tiket.
2. Proses
pembuatan faktur masih bersifat manual (ditulis atau diketik).
3. Informasi
yang disampaikan oleh sistem yang sedang berjalan (website) hanya berupa profil
perusahaan (tidak bisa melakukan pemesanan tiket dan pencarian informasi
pariwisata melalui website perusahaan).
1. 3
Batasan Masalah
Dalam hal ini, penulis akan membatasi pada masalah Informasi Jadwal
Pesawat, Jumlah penumpang Pesawat dan jenis Pesawat yang digunakan, Informasi
kursi pesawat yang sudah dipesan (sisa kursi yang masih kosong), pemesanan
tiket serta informasi pariwisata lainnya berupa peta Sulawesi dan objek-objek
wisata di yang ada di Pulau Sulawesi.
1.4
Tujuan
dan Manfaat Penelitian
1.4.1
Tujuan
Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini yaitu :
1. Merancang
sistem informasi pemesanan tiket berbasis web.
2. Menguji
program yang dirancang, apakah sudah bebas dari kesalahan logika.
1.4.2 Manfaat
Penelitian
Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu:
1.
Diharapkan dengan dilakukannya pengembangan sistem ini,
PT. Caraka Travelindo dapat lebih mudah dalam mengelola informasi tiket pesawat
terbang.
2. Dapat
menjadi sarana untuk melatih kemampuan yang dimiliki penulis dalam bidang
teknologi informasi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan penulis.
3. Untuk memudahkan dan mempercepat dalam melakukan
pemesanan tiket.
4.
Untuk
memudahkan memperoleh informasi tentang kondisi pesawat yang akan berangkat dan
tiba.
0 komentar:
Post a Comment