PERANCANGAN
SISTEM PENJUALAN
BERBASIS
WEB PADA PT. RESTU MAHKOTA KARYA
SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk
Memperoleh
Gelar Sarjana Program Strata Satu (S–1)
Teknik Informatika
Disusun oleh :
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER JAYAKARTA
JAYAKARTA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berkembangnya
usaha-usaha perdagangan yang sangat pesat pada saat ini menjadikan informasi
sebagai hal yang sangat penting peranannya dalam menunjang jalannya
operasi-operasi demi tercapainya tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.
Teknologi internet sudah terbukti merupakan salah satu media
informasi yang efektif dan efisien dalam penyebaran informasi yang dapat
diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Teknologi internet
mempunyai efek yang sangat besar pada perdagangan atau bisnis. Hanya dari rumah
atau ruang kantor, calon pembeli dapat melihat produk-produk pada layar
komputer, mengakses informasinya, memesan dan membayar dengan pilihan yang
tersedia. Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu
datang ke toko atau tempat transaksi sehingga dari tempat duduk mereka dapat
mengambil keputusan dengan cepat. Transaksi secara online dapat
menghubungkan antara penjual dan calon pembeli secara langsung tanpa dibatasi
oleh suatu ruang dan waktu.
Itu
berarti transaksi penjualan secara online mempunyai calon pembeli yang
potensial dari seluruh dunia.
Sistem penjualan yang selama ini digunakan oleh PT. Restu Mahkota Karya adalah
dengan cara kerjasama dengan dealer-dealer mobil untuk memasarkan mobil. Sistem
penjualan dengan cara ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses penjualan
mobil tersebut maka sistem ini dinilai kurang efektif dan efesien. Jika
hanya mengandalkan sistem penjualan dengan cara tersebut maka pendapatan
perusahaan tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu perkembangan
perusahaan terasa dinilai agak lambat. Oleh karena itu dirancang suatu sistem penjualan secara online dengan menggunakan media web
atau internet dengan tujuan untuk
meminimalkan waktu proses penjualan dengan tujuan dapat meningkatkan volume
penjualan sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat.
B. Identifikasi Masalah
Adapun
permasalahan yang muncul pada PT. Restu
Mahkota Karya pada saat ini adalah:
1.
Sistem penjualan mobil yang digunakan selama ini dengan
cara bekerja sama dengan dealer-dealer mobil membutuhkan waktu yang lama dalam
memasarkan mobil tersebut sehingga dinilai kurang efektif dan efesien.
2.
Sering kali salah satu cabang perusahaan dikota lain tidak
ada penjualan sama sekali, sedangkan biaya operasional perusahaan terus
meningkat dan tidak seimbang dengan pendapatan perusahaan.
3.
Lambatnya perkembangan perusahaan karena kurangnya
promosi perusahaan kepada masyarakat sehingga tidak semua kalangan masyarakat
mengenal perusahaan ini.
C. Batasan Masalah
Dalam
penulisan skripsi ini, penulis membatasi permasalahan pada sistem penjualan
secara kredit baik dari kantor pusat hingga ke cabang dengan berbasis web atau online, dengan data input berupa data pembeli, data mobil dan data
simulasi kredit kemudian proses pembelian mobil dan data keluaran berupa
laporan penjualan kendaraan, laporan daftar customer, laporan uang muka,
laporan angsuran, dan laporan asuransi.
D. Maksud dan Tujuan Penelitian
Adapun maksud dan tujuan penulisan skripsi ini antara lain:
1.
Untuk menghasilkan suatu sistem penjualan yang
menggunakan media web atau internet yang dapat membantu divisi marketing
atau pemasaran dalam memasarkan mobil sehingga transaksi penjualan dapat
dilakukan dengan cepat dimana saja dan kapan saja oleh semua kalangan
masyarakat.
2.
Untuk menghasilkan suatu sistem yang memberikan
informasi tentang mobil yang dipasarkan kepada calon pembeli sehingga
mempermudah calon pembeli mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
3.
Untuk mempromosikan atau lebih memperkenalkan perusahaan kepada semua kalangan masyarakat
sehingga dapat memperluas jangkauan pemasaran dengan tujuan dapat meningkatkan
penjualan.
4.
Untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Strata Satu
di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta jurusan Teknik Informatika.
E. Metodologi Penelitian
Setiap
mengadakan pembahasan maka tidak terlepas dari berbagai masalah yang perlu
dihadapi dan harus dipecahkan. Agar lebih praktis digunakan metode ilmiah
sehingga dapat diperoleh jalan keluar yang baik, efektif serta mudah
dilaksanakan. Dalam penulisan laporan Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web
pada PT. Restu Mahkota Karya ini metode yang digunakan adalah:
1.
Riset Lapangan
Riset
lapangan dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara langsung dari Perusahaan
dan juga dunia internet. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah:
a.
Pengamatan, yaitu pengumpulan data dan informasi yang
dilakukan dengan cara mengamati langsung ke objek dan juga menganalisa sistem
yang sedang berjalan, serta mengamati langsung sistem transaksi online
yang sudah ada di internet.
b.
Wawancara, yaitu pengumpulan data dengan cara
melakukan tanya jawab dengan pihak-pihak terkait.
2.
Studi Pustaka
Data
diperoleh melalui buku-buku literatur yang berhubungan dengan masalah yang akan
diteliti sebagai bahan referensi bagi penulis.
F. Sistematika Penulisan
Gambaran
secara garis besar mengenai hal-hal yang akan dibahas dalam laporan skripsi ini
terdiri dari lima
bab yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam
bab ini penulis menguraikan mengenai latar belakang masalah, identifikasi
masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, metodologi penelitian
dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN
TEORI
Dalam
bab ini berisi tentang landasan teori yang menunjang didalam penulisan skripsi
ini antara lain mengenai sistem
informasi itu sendiri, DAD (Diagram Alur Data) dan ERD (Entity Relationship
Diagram), Kamus Data, Normalisasi, Penjualan, World Wide Web dan Web Database
serta sekilas tentang PHP dan MySQL.
BAB III ANALISA
SISTEM
Dalam
bab ini dibahas tentang Latar Belakang Perusahaan, Struktur Organisasi, Uraian
Tugas dan Tanggung Jawab, Prosedur Sistem Berjalan, Diagram Alur Data (DAD)
Sistem Berjalan, Analisa Masukan, Analisa Keluaran, Analisa Permasalahan,
Usulan Pemecahan Masalah.
BAB IV PERANCANGAN
DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini diterangkan tentang Rancangan Diagram Alur Data
Usulan dan Entity Relationship Diagram (ERD) Usulan, Normalisasi, Kamus Data,
Rancangan Basis Data, Penjelasan Kode, Rancangan Bagan Terstuktur, Spesifikasi
Modul, Rancangan Menu, Rancangan Input dan Rancangan Output, Implementasi Menu,
Implementasi Input dan Implementasi Output.
BAB V PENUTUP
Bab
ini berisi tentang kesimpulan dan saran-saran yang sebaiknya dilakukan oleh
perusahaan untuk menunjang keberhasilan sistem penjualan online.
0 komentar:
Post a Comment