LAPORAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
PENERAPAN
METODE DISKUSI DAN LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA
TENTANG MATERI
PENGURANGAN BILANGAN
PECAHAN PADA
SISWA KELAS V
SDN GENJENG
III
KEC. LOCERET
KAB NGANJUK.
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS
TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dalam
beberapa kali ulangan matematika tentang penjumlahan pecahan untuk kelas 5,
hanya 8 siswa dari 25 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 70% keatas.
Selama pembelajaran berlangsung, siswa jarang mengajukan pertanyaan atau
memberikan tanggapan tentang penjelasan guru selain itu siswa juga tidak dapat
mengerjakan soal yang diberikan.
Berdasarkan
hal tersebut, penulis meminta bantuan teman sejawat untuk mengidentifikasi dan
menganalisa melalui diskusi maupun tukar pendapat tentang kekurangan dari
pembelajaran yang telah dilaksanakan. Diketahui faktor penyebab siswa kurang menguasai materi
adalah :
- Penjelasan guru kurang menarik, sehingga anak menjadi bosan / jenuh.
- Guru terlalu cepat dalam memberikan penjelasan materi.
- Kurangnya contoh – contoh dan latihan soal.
- Soal yang diberikan terlalu sulit.
B. Rumusan
Masalah
Bertitik
tolak dari latar belakang diatas, yang menjadi fokus perbaikan adalah:
1.
Bagaimana meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi tentang pengurangan
bilangan pecahan melalui pemberian contoh dan latihan ?
2. Apakah penerapan metode diskusi dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
C. Tujuan
Perbaikan
Penelitian
ini bertujuan untuk:
1. Memperbaiki hasil belajar siswa dalam
pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan latihan.
2. Menganalisis dampak penerapan metode
diskusi dan latihan terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika.
D. Manfaat
Perbaikan
Dari perbaikan pembelajaran tersebut mempunyai manfaat yang cukup besar
bagi guru, siswa, instansi/sekolah, dan pendidikan secara umum :
Bagi Guru → Dengan adanya perbaikan pembelajaran, dapat
dijadikan tolok ukur bagi guru dalam pembelajaran. Yakni guru mengetahui
kekurangannya dari apa yang selama ini diberikan / disampaikan pada siswa.
Selanjutnya guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan selalu
berusaha mencari metode yang tepat untuk membelajarkan siswa.
Bagi Siswa → Setelah diadakan perbaikan pembelajaran,
siswa menjadi lebih mengerti dan memahami materi. Sehingga nilai ulangan siswa
pun menjadi naik.
Bagi Institusi → Dapat diambil sabagai kebijakan kepala
sekolah untuk dapat dilakukan oleh semua guru di sekolah.
Bagi
Pendidikan secara umum.
→ Meningkatkan
kualitas pendidikan dalam sekolah.
DOWNLOAD FILE FREE :
0 komentar:
Post a Comment