LAPORAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG
WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS III
SD NEGERI PACEWETAN 2
KECAMATAN PACE
KABUPATEN
NGANJUK
OLEH :
AGUS SUPRIYONO
NIM. 820026723
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ MALANG
POKJAR NGANJUK
PROGRAM S1 PGSD GURU KELAS
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Latar belakang merupakan bagian
integral dalam pembangunan. Proses pendidikan tidak dapat dipisahkan dari
proses pembangunan itu sendiri. Pembangunan diarahkan dan bertujuan untuk
mengembangkan sumber daya yang berkualitas. Manusia berkualitas dapat dilihat
dari segi pendidikan, hal ini terkandung dalam tujuan pendidikan nasional,
bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia seutuhnya, beriman, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa
serta sehat jasmani dan rohani, juga memiliki kemampuan dan ketrampilan.
Mc. Leod ( Muhibin
Syah, 2008:8 ) menyatakan bahwa pendidikan berarti perbuatan untuk memperoleh
pengetahuan, sedangkan Marimba
(Ahmad Tafsir , 2008:5) mendefisinikan pendidikan sebagai bimbingan atau
pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si
pendidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Sejauh ini masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai
perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru
sebagai sumber utama pengetahuan. Untuk itu diperlukan sebuah strategi belajar
yang lebih memperdayakan siswa. sebuah satrategi belajar yang tidak
mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta tetapi sebuah strategi yang mendorong
siswa mengkonstruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri.
Pembelajaran yang berorientasi target penguasa materi terbukti berhasil
dalam kompetensi jangka pendek, tetapi gagal dalam jangka panjang. Dengan
menerapkan wujud zat dalam pembelajaran IPA , diharapkan siswa tepat dan cepat
untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan pengamatan peneliti bersama teman sejawat, ditemukan bahwa
dalam pembelajaran IPA tentang wujud zat siswa mengalami kesulitan. Pada umumya
siswa belajar dengan menghafal tentang materi IPA bukan belajar untuk mengerti
materi IPA. Selain itu dalam memecahkan
soal-soal IPA dalam kehidupan sehari-hari siswa masih mengalami kesulitan.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka dirumuskan
permasalahan sebagai berikut :
“ Apakah pembelajaran yang
menerapkan metode demonstari dapat meningkatkan pemahaman tentang wujud benda
pada siswa kelas III SDN Pacewetan 2 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk ? “
1.3
Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka penelitian ini
mempunyai tujuan yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang wujud benda
yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode
demonstrasi
1.4
Manfaat
Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian
ini dapat memberikan manfaat bagi:
- Siswa, dapat meningkatkan motivasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
- Peneliti, dapat menambah wawasan baru tentang metode pembelajaran penemuan (discovery) dan penerapannya dalam pembelajaran IPA.
- Guru, hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai latihan bagi guru untuk melaksanakan penelitian sederhana di kelas dan sebagai acuan dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran IPA di sekolah Dasar.
- Sekolah, sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas dan jenis media dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA.
DOWNLOAD FILE FREE :
0 komentar:
Post a Comment