PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG WUJUD BENDA


LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG
 WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS III
 SD NEGERI PACEWETAN 2
KECAMATAN PACE
KABUPATEN
NGANJUK

OLEH :
AGUS SUPRIYONO
NIM. 820026723

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ MALANG
POKJAR NGANJUK
PROGRAM S1 PGSD GURU KELAS


BAB I
PENDAHULUAN



1.1         Latar Belakang
               Latar belakang merupakan bagian integral dalam pembangunan. Proses pendidikan tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan itu sendiri. Pembangunan diarahkan dan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya yang berkualitas. Manusia berkualitas dapat dilihat dari segi pendidikan, hal ini terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, beriman, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa serta sehat jasmani dan rohani, juga memiliki kemampuan dan ketrampilan.
            Mc. Leod ( Muhibin Syah, 2008:8 ) menyatakan bahwa pendidikan berarti perbuatan untuk memperoleh pengetahuan, sedangkan Marimba        (Ahmad Tafsir , 2008:5) mendefisinikan pendidikan sebagai bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si pendidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Sejauh ini masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Untuk itu diperlukan sebuah strategi belajar yang lebih memperdayakan siswa. sebuah satrategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri.
Pembelajaran yang berorientasi target penguasa materi terbukti berhasil dalam kompetensi jangka pendek, tetapi gagal dalam jangka panjang. Dengan menerapkan wujud zat dalam pembelajaran IPA , diharapkan siswa tepat dan cepat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan pengamatan peneliti bersama teman sejawat, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA tentang wujud zat siswa mengalami kesulitan. Pada umumya siswa belajar dengan menghafal tentang materi IPA bukan belajar untuk mengerti materi IPA. Selain itu  dalam memecahkan soal-soal IPA dalam kehidupan sehari-hari siswa masih mengalami kesulitan.
1.2         Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
“ Apakah pembelajaran yang menerapkan metode demonstari dapat meningkatkan pemahaman tentang wujud benda pada siswa kelas III SDN Pacewetan 2 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk ? “
1.3         Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang wujud benda yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dengan menerapkan metode demonstrasi
1.4         Manfaat
Penulis mengharapkan dengan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi:
  1. Siswa, dapat meningkatkan motivasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
  2. Peneliti, dapat menambah wawasan baru tentang metode pembelajaran penemuan (discovery) dan penerapannya dalam pembelajaran IPA.
  3. Guru, hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai latihan bagi guru untuk melaksanakan penelitian sederhana di kelas dan sebagai acuan dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran IPA di sekolah Dasar.
  4. Sekolah, sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas dan jenis media dalam mengembangkan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA.
DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner