SKRIPSI PENDIDIKAN ( PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V MELALUI METODE EKSPERIMEN )



PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V
MELALUI METODE EKSPERIMEN DI SDN WAUNG IV
KECAMATAN BARON KABUPATEN NGANJUK


SKRIPSI
 

Disusun Oleh :
DIANA LESTARININGSIH
08.141.676 / P



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
 
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
       Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang sangat penting di sekolah, karena dalam kegiatan belajar mengajar tersebut terjadi interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran banyak hal yang bisa dilakukan guru. Kegiatan belajar mengajar dikatakan berhasil apabila bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dikuasai oleh siswa secara tuntas. Seorang guru harus benar-benar mengetahui bagaimana cara yang terbaik agar bahan pelajaran yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa.
       Guru dalam menyampaikan bahan pelajaran bisa menggunakan media agar siswa lebih memahami serta menguasai materi yang diberikan. Selain penggunaan media, pemilihan metode pembelajaran juga berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Penggunaan metode yang tepat bertujuan untuk menumbuhkan gairah belajar siswa, agar siswa  tidak merasa bosan serta dapat menumbuhkan keinginan belajar siswa. Pada kenyataannya di lapangan seringkali ditemukan banyak kendala. Sebagian siswa kelas V SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk menganggap pelajaran IPA sulit dan menegangkan. Guru dalam penyampaian materi IPA hanya menggunakan metode ceramah tanpa adanya kombinasi dengan metode yang lain. Siswa hanya duduk, mendengar, mencatat, dan menghafal materi saja. Metode ceramah membuat siswa bosan dan tidak tertarik pada pelajaran IPA. Meskipun demikian guru banyak yang masih menerapkan model tersebut, karena tidak memerlukan alat peraga dan bahan praktik, guru cukup menjelaskan materi yang ada pada buku ajar atau referensi yang lain. Dengan metode ceramah suasana kelas cenderung pasif. Padahal belajar IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung agar siswa memahami alam sekitar secara ilmiah bukan hanya menghafal.
       Dengan kurangnya pemahaman dan kesungguhan siswa mengakibatkan prestasi belajar rendah dan target ketuntasan belajar siswa tidak tercapai. Rendahnya prestasi belajar siswa dapat diketahui dari beberapa indikator yaitu kualitas proses dan hasil belajar. Kualitas proses pembelajaran dapat diamati dengan bagaimana aktivitas siswa, interaksi guru dengan siswa, interaksi siswa dengan siswa dan motivasi siswa dalam belajar. Hasil belajar dapat diamati dari prestasi belajar. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum tuntas hasil belajarnya pada pelajaran IPA, dimana KKMnya adalah ≥ 65. Dari 28 siswa kelas V hanya 11 siswa yang mendapat nilai ≥ 65 atau 40% yang mencapai target ketuntasan belajar, 17 siswa mendapat < 65 atau 60% yang tidak mencapai target ketuntasan belajar.
       Untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk dibutuhkan metode yang lain selain metode ceramah. Peneliti berkeyakinan bahwa prestasi belajar IPA akan meningkat bila digunakan metode eksperimen. Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dilakukan dengan cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.
       Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka penggunaan metode eksperimen diharapkan bisa mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tentang “Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Eksperimen di SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2010/2011”.
B.     Identifikasi Masalah
       Dalam pembelajaran IPA di SDN Waung IV, Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk banyak sekali permasalahan yang muncul. Adapun masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA antara lain:
1.         Metode yang digunakan kurang bervariasi (hanya menggunakan metode ceramah).
2.         Siswa kurang aktif dan tidak dilibatkan langsung, hanya sebagai pendengar.
3.         Sarana dan prasarana pendukung pembelajaran IPA sangat minim.
4.         50% pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan masih kurang, sehingga hasil nilai tes akhir rata-rata yang diperoleh sangat rendah.
C.    Rumusan Masalah dan Pemecahannya
1.         Rumusan Masalah
       Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalahnya adalah “Apakah metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk?”
2.         Pemecahan Masalah
       Berdasarkan masalah yang timbul dari proses pembelajaran tersebut maka diperlukan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar IPA kelas V SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Upaya yang dimaksud berupa bantuan yang dapat diberikan kepada siswa untuk memahami materi yang diajarkan. Bantuan tersebut berupa diterapkannya metode eksperimen untuk membantu siswa belajar dengan melakukan suatu aktivitas yang sesuai dengan pelajaran yang hendak dicapai. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk siswa bekerja dan mengalami, bukan menerima pengetahuan dari guru.     
       Penggunaan metode eksperimen akan mempermudah pemahaman siswa dan memotivasi peserta didik untuk mengenal, menemukan, menyerap, dan belajar langsung sehingga siswa akan dapat mengerti serta mengingatnya dalam waktu yang relatif lama. Dengan penggunaan metode eksperimen ini siswa dapat belajar dengan gembira, bergairah, tidak membosankan, kerjasama dengan teman, lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, akhirnya siswa akan tertarik dan lebih senang belajar IPA serta prestasi belajar meningkat.
D.    Tujuan Penelitian
       Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk.
E.     Manfaat Penelitian
       Hasil penelitian yang akan dilakukan diharapkan bisa bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah serta peneliti. Manfaat pada masing-masing komponen dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.      Bagi Sekolah
Sebagai masukan dalam menemukan hambatan dalam penyelenggaraan pembelajaran sebagai upaya memperbaiki dan mengatasi masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas, sehingga dapat menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan harapan akan diperoleh hasil belajar yang optimal demi kemajuan lembaga sekolah.
2.      Bagi Guru
Menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Waung IV Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk melalui strategi  pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen.
3.    Bagi Siswa
a.       Melalui metode eksperimen diharapkan prestasi belajar siswa meningkat.
b.      Dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dikelas, serta pemahaman siswa terhadap pembelajaran.
c.       Pelajaran yang diterima lebih tertanam dalam pikiran siswa.
d.      Siswa lebih kreatif dalam proses pembelajaran.
e.       Siswa bisa terlibat langsung dalam pembelajaran di kelas.
4.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai informasi yang dapat dimanfaatkan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, sehingga dalam mengembangkan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar.
  

DOWNLOAD FILE :

1 komentar:

Please let me know if you're looking for a article writer for your weblog. You have some really great articles and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please send me an e-mail if interested. Regards!
Regards
[url=http://ironbalustersatlanta.com/]iron baluster installation[/url]