PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS TUMBUHAN HIJAU DENGAN METODE DEMONSTRASI


LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

PENINGKATAN MOTIVASI
DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA
SUB POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS TUMBUHAN HIJAU DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V
DI SD NEGERI PEHSERUT 2
KECAMATAN SUKOMORO
KABUPATEN NGANJUK


                                            

















KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
IPA merupakan disiplin ilmu yang didalamnya terkait dengan ilmu pendidikan dan IPA itu sendiri. IPA merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah yang berupa metode ilmiah dan dididapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum sehingga akan terus di sempurnakan.
Seiring dengan perkembangan zaman yang identik dengan pesatnya kemajuan teknologi di segala bidang kehidupan, menuntut semua manusia baik yang berada di negara terbelakang sekalipun mau tidak mau harus mengetahuinya. Sedangkan masalah kemajuan teknologi sangat bergantung dengan pemahaman dari bangsa itu sendiri terhadap ilmu-ilmu yang mendasari tentang teknologi.
Salah satu disiplin ilmu yang sangat penting untuk mendasari teknolgi tersebut adalah ilmu pengetahuan alam (IPA). IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari alam semesta dengan segala isinya. Dengan belajr IPA manusia dapat memahami kejadian-kejadian di alam, dan yang terpenting dari belajar IPA adalah untuk mengembangkan sikap dan kemampuan serta keterampilan dasar yang diperlukan untuk hidup dalam bermasyarakat. Oleh karena itu pembelajaran IPA mempunyai peranan yang sangat penting.
Dalam pembelajaran IPA, untuk anak SD harus dimodifikasi baiok materi maupun metode mengajarnya agar anak-anak lebih mudah dalam mempelajarinya. Dalam hal ini tidak terlalu dianjurkan menggunakan metode ceramah meskipun metode tersebut terlalu banyak mendominasi pada setiap pembelajaran.Tetapi siswa lebih ditekankan pada kesktifannnya, sehingga anak tidak hanya sekedar mempunyai hafalan-hafalan sementara di otaknya. Lebih dari itu anak akan paham antara konsep-konsep yang diperoleh dengan fakta-fakta yang ada.

Namun pada kenyataannya masih banyak para guru yang dalam proses mengajarnya didominasi dengan penggunan metode ceramah. Akibatnya siswa cepat bosan dan kurang termotivasi untuk belajar. Hal tersebut sangat mempengaruhi pemahaman siswa, sehingga tidak sedikit dari mereka mendapatkan hasil belajar yang minim pula.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis ingin memperbaiki sistem pembelajaran IPA di SD Negeri Pehserut 2 dengan cara menerapkan metode demonstrasi untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat menarik rumusan masalahnya sebagai berikut :
“Bagaimanakah pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD di Negeri Pehserut 2 pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan Fotosintesis Tumbuhan hijau?”

C. Tujuan Perbaikan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari perbaikan ini adalah :
“Mengetahui bagaimanakah pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pehserut 2 pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan Fotosintesis Tumbuhan hijau”

D. Manfaat Perbaikan
Adapun manfaat dari perbaikan ini adalah :
1.      Bagi guru atau pendidik, yaitu memberikan gambaran bahwa metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi yang sedang dipelajari.
2.      Bagi siswa, yaitu memudahkan dalam memahami materi yang sedang dipelajari.
3.      Bagi Penulis, yaitu menambah pengalaman dan wawasan membuat karya tulis serta penerapannya dikemudian hari.
4.      Bagi pembaca, yaitu dapat menambah wawasan yang telah dimiliki sebelumnya.




DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar: