LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENINGKATAN MOTIVASI
DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA
SUB POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS TUMBUHAN
HIJAU DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V
DI SD NEGERI
PEHSERUT 2
KECAMATAN SUKOMORO
KABUPATEN NGANJUK
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
IPA
merupakan disiplin ilmu yang didalamnya terkait dengan ilmu pendidikan dan IPA
itu sendiri. IPA merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang
diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah yang berupa metode ilmiah
dan dididapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum
sehingga akan terus di sempurnakan.
Seiring
dengan perkembangan zaman yang identik dengan pesatnya kemajuan teknologi di
segala bidang kehidupan, menuntut semua manusia baik yang berada di negara
terbelakang sekalipun mau tidak mau harus mengetahuinya. Sedangkan masalah
kemajuan teknologi sangat bergantung dengan pemahaman dari bangsa itu sendiri
terhadap ilmu-ilmu yang mendasari tentang teknologi.
Salah satu
disiplin ilmu yang sangat penting untuk mendasari teknolgi tersebut adalah ilmu
pengetahuan alam (IPA). IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari alam
semesta dengan segala isinya. Dengan belajr IPA manusia dapat memahami
kejadian-kejadian di alam, dan yang terpenting dari belajar IPA adalah untuk
mengembangkan sikap dan kemampuan serta keterampilan dasar yang diperlukan
untuk hidup dalam bermasyarakat. Oleh karena itu pembelajaran IPA mempunyai
peranan yang sangat penting.
Dalam
pembelajaran IPA, untuk anak SD harus dimodifikasi baiok materi maupun metode
mengajarnya agar anak-anak lebih mudah dalam mempelajarinya. Dalam hal ini
tidak terlalu dianjurkan menggunakan metode ceramah meskipun metode tersebut
terlalu banyak mendominasi pada setiap pembelajaran.Tetapi siswa lebih
ditekankan pada kesktifannnya, sehingga anak tidak hanya sekedar mempunyai
hafalan-hafalan sementara di otaknya. Lebih dari itu anak akan paham antara
konsep-konsep yang diperoleh dengan fakta-fakta yang ada.
Namun pada
kenyataannya masih banyak para guru yang dalam proses mengajarnya didominasi
dengan penggunan metode ceramah. Akibatnya siswa cepat bosan dan kurang
termotivasi untuk belajar. Hal tersebut sangat mempengaruhi pemahaman siswa,
sehingga tidak sedikit dari mereka mendapatkan hasil belajar yang minim pula.
Berdasarkan
permasalahan di atas, maka penulis ingin memperbaiki sistem pembelajaran IPA di
SD Negeri Pehserut 2 dengan cara menerapkan metode demonstrasi untuk
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat menarik rumusan
masalahnya sebagai berikut :
“Bagaimanakah pengaruh
penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar
siswa kelas V SD di Negeri Pehserut 2 pada mata pelajaran IPA sub pokok bahasan
Fotosintesis Tumbuhan hijau?”
C. Tujuan Perbaikan
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka tujuan dari perbaikan ini adalah :
“Mengetahui
bagaimanakah pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pehserut 2 pada mata
pelajaran IPA sub pokok bahasan Fotosintesis Tumbuhan hijau”
D. Manfaat
Perbaikan
Adapun
manfaat dari perbaikan ini adalah :
1. Bagi guru atau pendidik, yaitu memberikan
gambaran bahwa metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang efektif
untuk meningkatkan motivasi belajar, pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap
materi yang sedang dipelajari.
2. Bagi siswa, yaitu memudahkan dalam
memahami materi yang sedang dipelajari.
3. Bagi Penulis, yaitu menambah pengalaman
dan wawasan membuat karya tulis serta penerapannya dikemudian hari.
4. Bagi pembaca, yaitu dapat menambah wawasan
yang telah dimiliki sebelumnya.
DOWNLOAD FILE FREE :
0 komentar:
Post a Comment