LAPORAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI
PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONSTEKSTUAL
PADA SISWA KELAS III SEMESTER II
SDN PLOSO IV KECAMATAN
NGANJUK
KABUPATEN
NGANJUK
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu kompetensi yang
harus dimiliki guru adalah mendidik, mengajar dan melatih agar muridnya kelak
menjadi manusia yang pandai, terampil dan berbudi luhur, sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional menurut UU RI No.2 tahun 1989. Maka kepribadian bangsa
Indonesia yang diharapkan seperti yang tercantum dalam tujuan pendidikan
nasional yaitu : Pendidikan bertujuan mengembangkan manusia Indonesia
seutuhnya, yaitu iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti
luhur, penguasaaan, pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap dan mandiri mempunyai rasa tanggung jawab bermasyarakat
dan berbangsa.
Identifikasi
Masalah
Matematika merupakan
ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran
penting dalam berbagai disiplin dan daya pikir manusia. Maka dari hal tersebt
berdsarkan pengamatan ditemukan bahwa dalam pembeljaran matematika tentang
pecahan sederhana siswa mengalami kesulitan. Motivasi belajar siswa terhadap
pelajaran matematika sangat rendah karena siswa cenderung mempunyai anggapan
bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit.
Analisis
Masalah
Oleh karena itu,
dipilih alterbatif metode konstektual untuk menumbuhkembangkan lingkungan belajar
yang kondusif. Perlu diketahui bahwa metode konstektual dapat meningkatkan cara
berpikir siswa karena dapat menjadikan pengalaman belajar lebih relevan dan
berarti bagi siswa, maka penulis membuat loporan dengan judul “Peningkatan
pemahaman materi pecahan sederhana dengan metode konstektual siswa kelas III Semester
II pada SDN Ploso IV Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada
latar belakang masalah, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
“Apakah Metode Konseptual Dapat
Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas III
Semester II SDN Ploso IV Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk.”
C. Tujuan
Perbaikan
Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Meningkatkan ketrampilan siswa menghitung
pecahan sederhana.
2. Meningkatkan ketrampilan siswa dalam
menyelesaikan soal pecahan.
D. Manfaat
Perbaikan
Berdasarkan pada tujuan
peneltian tersebut, peneliti ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman
belajar siwa dengan metode konstektual dalam pecahan sederhana pada mata pelajaran
matematika kelas III sekolah dasar.
1. Guru
- Membantu memperbiki pembelajaran
- Memberikan masukan alternatif penggunaan
model pembelajaran matematika.
- Menambah rasa percaya diri
- Melatih diri untuk mampu menulis PTK
2. Siswa
- Menambah motivasi belajar siswa terhadap
mata pelajaran matematika.
- Meningkatkan pemahaman siswa tentang
pecahan sederhana dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Sekolah
- Membantu sekolah untuk berkembang karena
adanya peningkatan dan kemajuan pada diri guru dan mutu pendidikan.
0 komentar:
Post a Comment