PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONSTEKSTUAL


LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

 PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONSTEKSTUAL
PADA SISWA KELAS III SEMESTER II
SDN PLOSO IV KECAMATAN NGANJUK
KABUPATEN NGANJUK




 













DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah mendidik, mengajar dan melatih agar muridnya kelak menjadi manusia yang pandai, terampil dan berbudi luhur, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional menurut UU RI No.2 tahun 1989. Maka kepribadian bangsa Indonesia yang diharapkan seperti yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional yaitu : Pendidikan bertujuan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, penguasaaan, pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri mempunyai rasa tanggung jawab bermasyarakat dan berbangsa.
Identifikasi Masalah
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan daya pikir manusia. Maka dari hal tersebt berdsarkan pengamatan ditemukan bahwa dalam pembeljaran matematika tentang pecahan sederhana siswa mengalami kesulitan. Motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika sangat rendah karena siswa cenderung mempunyai anggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit.
Analisis Masalah
Oleh karena itu, dipilih alterbatif metode konstektual untuk menumbuhkembangkan lingkungan belajar yang kondusif. Perlu diketahui bahwa metode konstektual dapat meningkatkan cara berpikir siswa karena dapat menjadikan pengalaman belajar lebih relevan dan berarti bagi siswa, maka penulis membuat loporan dengan judul “Peningkatan pemahaman materi pecahan sederhana dengan metode konstektual siswa kelas III Semester II pada SDN Ploso IV Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk.



B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
“Apakah Metode Konseptual Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas III Semester II SDN Ploso IV Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk.”

C.    Tujuan Perbaikan
Penelitian ini bertujuan untuk :
1.     Meningkatkan ketrampilan siswa menghitung pecahan sederhana.
2.     Meningkatkan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan.

D.    Manfaat Perbaikan
Berdasarkan pada tujuan peneltian tersebut, peneliti ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman belajar siwa dengan metode konstektual dalam pecahan sederhana pada mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar.
1.     Guru
-      Membantu memperbiki pembelajaran
-      Memberikan masukan alternatif penggunaan model pembelajaran  matematika.
-      Menambah rasa percaya diri
-      Melatih diri untuk mampu menulis PTK
2.     Siswa
-      Menambah motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika.
-      Meningkatkan pemahaman siswa tentang pecahan sederhana dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Sekolah
-      Membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan dan kemajuan pada diri guru dan mutu pendidikan.






DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar: