LAPORAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
DENGAN METODE DISKUSI TENTANG MATERI JASA DAN PERANAN
TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN
KEMERDEKAANINDONESIA
PADA SISWA KELAS V
SDN GENJENG III
KEC. LOCERET
KAB. NGANJUK
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dalam
pembelajaran IPS di kelas V yang telah dilaksanakan, siswa terlihat pasif,
kurang agresif. Serta dalam beberapa kali diadakan ulangan IPS tentang jasa dan
peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia hanya 8 siswa dari
25 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi diatas 70%. Selama pembelajaran berlangsung terlihat siswa
jarang yang mengajukan pertanyaan atau
memberikan tanggapan tentang penjelasan guru.
Berdasarkan data tersebut penulis
meminta bantuan teman sejawat untuk mengidentifikasi temuan beberapa masalah
yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :
a. Tingkat penguasaan siswa yang rendah
terhadap materi yang diajarkan
b. Siswa tidak dapat berani bertanya.
c. Suasana kelas yang tidak menarik.
Melalui diskusi dan tukar pendapat
dengan teman sejawat selaku pengamat, diketahui faktor penyebab siswa kurang
menguasai materi yang diajarkan adalah :
a. Alat peraga gambar kurang besar.
b. Kurangnya kesempatan yang diberikan kepada
siswa untuk bertanya.
c. Penjelasan yang terlalu abstrak / cepat.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
Indonesia melalui tanya jawab dan diskusi?
2. Apakah penerapan metode diskusi dalam
materi jasa dan peranan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat
mempengaruhi minat belajar siswa?
C.
Tujuan
Perbaikan
Penelitian
ini bertujuan untuk:
1. Meningkatkan pemahaman siswa dengan
menggunakan metode yang lebih dapat diterima oleh siswa, yakni metode diskusi
dan latihan.
2. mendeskripsilan dampak penerapan metode
dijusi dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa.
D.
Manfaat Perbaikan
Perbaikan
Pembelajaran sangat penting manfaatnya bagi siswa, karena akan lebih
meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan.
Selain itu guru juga akan dapat mengetahui kekurangan dari apa yang telah
disampaikan dalam pembelajarannya sehingga dianggap perlu mengadakan perbaikan
pembelajaran.
Hal ini
juga dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran bagi guru lain di sekolah
dalam mengajar dan meningkatkan pembelajaran.
DOWNLOAD FILE FREE :
0 komentar:
Post a Comment