MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI TENTANG MATERI JASA DAN PERANAN TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAANINDONESIA


LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI TENTANG MATERI JASA DAN PERANAN
 TOKOH DALAM MEMPROKLAMASIKAN
 KEMERDEKAANINDONESIA
PADA SISWA KELAS V
 SDN GENJENG III
KEC. LOCERET
KAB. NGANJUK




 














DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD


BAB I
PENDAHULUAN


A.           Latar Belakang Masalah
          Dalam pembelajaran IPS di kelas V yang telah dilaksanakan, siswa terlihat pasif, kurang agresif. Serta dalam beberapa kali diadakan ulangan IPS tentang jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia hanya 8 siswa dari 25 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi diatas 70%. Selama pembelajaran berlangsung terlihat siswa jarang yang mengajukan pertanyaan  atau memberikan tanggapan tentang penjelasan guru.
          Berdasarkan data tersebut penulis meminta bantuan teman sejawat untuk mengidentifikasi temuan beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :
a.       Tingkat penguasaan siswa yang rendah terhadap materi yang diajarkan
b.      Siswa tidak dapat berani bertanya.
c.       Suasana kelas yang tidak menarik.
          Melalui diskusi dan tukar pendapat dengan teman sejawat selaku pengamat, diketahui faktor penyebab siswa kurang menguasai materi yang diajarkan adalah :
a.       Alat peraga gambar kurang besar.
b.      Kurangnya kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk bertanya.
c.       Penjelasan yang terlalu abstrak / cepat.

B.           Rumusan Masalah
1.       Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui tanya jawab dan diskusi?
2.       Apakah penerapan metode diskusi dalam materi jasa dan peranan tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat mempengaruhi minat belajar siswa?

C.           Tujuan Perbaikan
Penelitian ini bertujuan untuk:
1.      Meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan metode yang lebih dapat diterima oleh siswa, yakni metode diskusi dan latihan.
2.      mendeskripsilan dampak penerapan metode dijusi dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa.

D.           Manfaat Perbaikan
Perbaikan Pembelajaran sangat penting manfaatnya bagi siswa, karena akan lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Selain itu guru juga akan dapat mengetahui kekurangan dari apa yang telah disampaikan dalam pembelajarannya sehingga dianggap perlu mengadakan perbaikan pembelajaran.
Hal ini juga dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran bagi guru lain di sekolah dalam mengajar dan meningkatkan pembelajaran.
DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar: