LAPORAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA
INDONESIA SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PIKIRAN, PERASAAN DAN PENGALAMAN SECARA
LISAN MELALUI KEGIATAN BERTANYA, BERCERITA DAN BERDEKLAMASI
KELAS II SEMESTER II, SDN PLOSO
IV,
KECAMATAN
NGANJUK,
KABUPATEN NGANJUK
OLEH :
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kita semua mengetahui Bahasa Indonesia merupakan salah
satu alat komunikasi yang terpenting di dalam kehidupan kita sehari-hari.
Sebagaimana diketahui bahwa Bahasa Indonesia yang diutarakan atau disampaikan
secara lisan atau tertulis dengan orang lain. Bahasa Indonesia dapat juga
digunakan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia. Oleh karena itulah karni
melihat perkembangan akhir-akhir ini kemampuan siswa terhadap pelajaran Bahasa
Indonesia perlu ditingkatkan dengan mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Identifikasi Masalah
Berdasarkan saran serta tukar pendapat dengan
rekan-rekan mahasiswa serta rekan sejawat di sekolah tempat kani mengajar,
banyak cara memperoleh keberhasilan pembelajaran yaitu dengan metode yang cocok
dan media yang sesuai. Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses
membelajarkan subyek didik atau pembelajaran yang direncanakan atau didesain,
dilaksanakan dan dievaluasi secara sisternatis agar subyek didik/pembelajar
dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Analisis Masalah
Siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran, merupakan
sasaran atau program pengajaran. Sudah menjadi kebanggaan bagi guru apabila
siswanya dapat berhasil dalam pembelajaran.
Penelitian kelas yang dilakukan oleh guru dipandang
sebagai unjuk kerja guru yang profesional karena studi sistematik yang
dilakukan terhadap diri sendiri dianggap sebagai tanda pekerjaan guru yang
profesional.
Untuk meningkatkan hasil pernbelajaran, maka perlu diadakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan ini dimulai dari pengamatan, refleksi
diri, perencanaan perbaikan hingga melakukan kegiatan perbaikan, seperti cara
kami menyajikan materi Bahasa Indonesia.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan hasil pengamatan, serta tukar pendapat
dengan teman sejawat dapat disimpulkan sebab-sebab siswa kurang memahami materi
yang diajarkan, antara lain :
1. Penjelasan
guru terlalu cepat, hingga siswa kurang mendapat kesempatan untuk bertanya,
sehingga siswa kurang mengerti penjelasan materi yang diberikan oleh guru.
2. Kurangnya
sarana berupa alat peraga yang erat hubungannya dengan penjelasan materi yang
disajikan oleh guru, sehingga siswa kurang memahami materi tersebut.
Jadi siswa kurang memperhatikan pada saat materi
pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu dengan Penelitian Tindajan Kelas
(PTK), maka fokus perbaikan adalah :
a. Bagaimanakah
guru dalam menyajikan materi agar siswa tertarik?
b. Bagaimanakah
cara guru meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi yang disajikan dengan
penggunaan alat peraga yang menarik?
C. Tujuan Perbaikan
1. Agar siswa
dapat mengerti, senang, tertarik terhadap materi pernbelajaran Bahasa
Indonesia, khususnya bagaimana cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Siswa dapat
menjawab pertanyaan dengan bahasa yang baik dan benar.
3. Agar siswa
dapat mengetahui urutan kegiatan sehari-hari.
4. Agar siswa
mampu melakukan tanya, jawab dengan teman sekelas tentang kegiatan sehari-hari
Perbaikan, pembelajaran ini dilakukan penulis sebanyak
dua siklus yang bertujuan untuk memperbanyak temuan-temuan masalah terutama
pengumpulan catatan dan data-data yang menunjang terhadap proses perbaikan.
Dua siklus dimaksud adalah :
1. Pembelajaran
awal, proses pembelajaran di siklus I.
2. Pembelajaran
di siklus II. Dalam pelaksanaan ini dibantu rekan sejawat.
Pelaksanaan perbaikan dilaksanakan pada tanggal 29
Mei 2010
D. Manfaat Perbaikan
Manfaat penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi
siswa, guru dan sekolah antara lain :
1. Manfaat
bagi siswa
- Dapat
memberikan sajian pembelajaran yang baik dan menarik serta memperhatikan
pemahaman siswa.
- Meningkatkan
hasil belajar siswa.
2. Manfaat
bagi guru :
- Menemukan
model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi, berprestasi dan hasil
belajar siswa.
- Mengatasi
problem pembelajaran yang selama ini banyak dikeluhkan terutama yang berkaitan
dengan ketidakberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek berbicara.
3. Manfaat
bagi sekolah :
- Memberikan
masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.
- Sebagai
sarana untuk kerjasama dan kreativitas guru.
DOWNLOAD FILE FREE :
0 komentar:
Post a Comment