PENGGUNAAN ALAT PERAGA RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR


PENGGUNAAN ALAT PERAGA RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BAGORWETAN 2 KECAMATAN SUKOMORO
 KABUPATEN NGANJUK






 














Oleh :






KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ MALANG
POKJAR NGANJUK
PROGRAM S-1 PGSD


BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan  timbal balik yang berlangsung dalarn suasana edukatif untuk mencapai  tujuan tertentu, (Usman 2002;51). Syarat utama dalam proses belajar mengajar adalah adanya interaksi  atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa. Dalam proses belajar  nrengajar guru dituntut  untuk memiliki  keterampilan memilih dan merancang strategi pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa pada ketercapaian  tujuan belajar yang dirumuskan, meningkatkan kreativitas siswa dan meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa.
Kenyataan yang terjadi  dilapangan. sering dijumpai  adanya  proses belajar mengajar  yang kurang optimal. Hal ini terjadi karena pertisipasi siswa dalam proses belajar mengajar masih kurang. Guru cenderung lebih senang, menggunakan strategi mengajar dengan ceramah yang dianggap cepat dan praktis untuk mentransferkan ilmu pengetahuan kepada siswa. Guru juga, sering mengabaikan  aspek keaktifan  siswa  selama  proses belajar mengajar.  sehingga banyak siswa yang mengalami  kebosanan  selama mendengarkan ceramah guru.Keberanian siswa untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan  pun hampir tidak pernah ada. Akhinya hanya  guru yang terlihat aktif dalam  proses belajar mengajar, sedangkan siswanya terlihat pasif.
 Seperti yang penulis alami dalarn pembelajaran IPA kelas IV tentang rangka manusia.  Selama proses belajar mengajar penulis hanya menggunakan  metode ceramah, sedangkan aktivitas yang dilakukan siswa adalah mendengarkan  ceramah dan mengedakan LKS. Setelah  selesai menjelaskan materi penulis memberikan kesempatan  kepada siswa  untuk berr,anya,  tetapi  tidak ada satupun dari siswa yang bertanya. Kemudian penulis menanyakan  kepada siswa apakah  sudah mengerti  tentang  materi pelajaran  yang baru dijelaskan,  ternyata juga  tidak ada satupun siswa  yang menjawab.  Sebagian siswa kelihatan bingung menanggapi pertanyaan tersebut. Sebagian siswa yang  lain kelihatan acuh dan masa bodoh. Sebelum kegiatan pembelajaran  berakhir penulis memberi evaluasi untuk mengetahui prestasi  belajar siswa. Dari hasil evaluasi ternyata dari 20 siswa  yang ada hanya 5 siswa atau 25 yang nilainya diatas KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimum),  sedangkan  yang  lain atau 75 % dan jumlah siswa yang ada nilai yang dicapai di bawah 60, padahal KKM yang ditentukan  adalah  70.
Berdasarkan pengalaman tersebut penulis berusaha melakukan perbaikan pembelajaran. Dengan dibantu teman sejawat penulis melakukan prenelitian  tindakan terhadap strategi pembelajaran yang dilaksanakan. Penulis menggunakan alat peraga rangka manusia dalam menyampaikan materi  pelajaran IPA pokok  bahasan  rangka manusia pada siswa kelas  IV SD NEGERI Bagorwetan 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.
Penerapan strategi pembelajaran  ini dilakukan  dengan harapan dapat mernbantu meningkatkan motivasi  belajar dan prestasi belajar  siswa dalam  belajar mata perajaran IPA tersebut, sedangkan laporan penelitian yang disusun penulis berjudul   Penggunaan Alat Peraga Rangka Manusia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA pada siswa Kelas  IV SD Negeri Bagorwetan 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.


B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang masalah, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : ”Apakah penggunaan alat peraga rangka manusia dapat meningkatkan motivasi  belajar  dan prestasi belajar  Ipa  pada siswa kelas IV SD Negeri Bagorwetan 2 Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.


C.     Tujuan Perbaikan
Penelitian  ini bertujuan untuk  :
1.      Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dengan penggunaan alat peraga  rangka manusia  pada pembelajaran  IPA pokok bahasan rangka manusia.
2.      Mendeskripsikan penggunaan alat peraga  rangka manusia  dalam proses belajar mengajar pelajaran  IPA pokok bahasan rangka manusia.
3.      Meningkatkan aktivitas  siswa dalam pembelajaran  dengan kegiatan diskusi,  pengamatan,  dan  tanya jawab.

D.    Manfaat Perbaikan

Penelitian yang dilakukan di SD Negeri Bagorwetan 2 ini diharapkan dapat  memberikan manfaat bagi guru, siswa dan sekolah.
1.      Manfaat  bagi guru :
a.       Menemukan alternatif model/metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan  motivasi  belajar dan prestasi belajar siswa.
b.      Mernberikan  acuan untuk mengatasi masalah-masalah  yang berkaitan dengan  ketidakberhasilan pembelajaran.
c.       Meningkatkan kualitas  pembelajaran.
d.      Meningkatkan pengetahuan dan keprofesionalan guru dalam melaksanakan  proses belajar mengajar.

2.      Manfaat bagi siswa :
a.       Meningkatkan motivasi dan presrasi  belajar.
b.      Menambah  pengalaman belajar  yang bermakna.
c.       Meningkatkan aktifitas dalam kegiatan belajar mengajar.
d.      Melatih siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan  belajar



3.      Manfaat bagi sekolah :
  1. Sebagai sarana untuk menemukan hambatan dan kelemahan pembelajaran  di sekolah.
  2. Sebagai  upaya untuk memperbaiki  dan mengatasi masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas.
  3. Sebagai  upaya unuk meningkatkan  prestasi belajar siswa sesuai dengan  situasi dan kondisi  sekolah.
  4. Memberi masukan dalam rangka  pengembangan kurikulum  sekolah yang sesuai dengan  tuntutan  perkembangan zaman.





DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar: