PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM ENGAN MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR



LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI JETIS II DENGAN MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK


Disusun Oleh :


KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ MALANG POKJAR NGANJUK
PROGRAM S1 PGSD

BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala alam, baik yang menyangkut makhluk hidup maupun benda mati. Pada prinsipnya, IPA diajarkan untuk membekali siswa agar mempunyai pengetahuan (mengetahui berbagai cara) dan keterampilan (cara mengerjakan) yang dapat membantu siswa untuk memahami gejala alam secara mendalam.
Pembelajaran IPA belum berhasil sepenuhnya, terutama dalam pemakaian media gambar. Guru dalam menjelaskan materi pembelajaran jarang menggunakan media alat peraga dan buku penunjang. Buku paket yang dimili pun telah banyak yang rusak, begitu pun buku paket IPA, hampir seluruh lembarannya hilang. Karena tidak adanya buku penunjang, maka contoh-contoh yang diberikan pada siswa diambil dari buku paket. Siswa kelas IV menjadi kesulitan memahami isi buku, siswa harus bergantian menggunakan buku tersebut. Terkadang siswa harus berkelahi, siswa sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah, serta tidak memiliki keinginan untuk bertanya serta penggunaan metode ceramah dominan dalam pembelajaran.
Dalam proses belajar mengajar sering timbul permasalahan:
1.      Tidak mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan guru
2.      Sering ribut dan mengganggu teman
3.  Lambat dalam mengerjakan latihan yang diberikan guru.
4.       Sering ngobrol dengan teman sebangku bila guru menerangkan
Dari masalah yang ada, masalah yang paling penting adalah kurang termotivasinya siswa dalam belajar pada pelajaran IPA.
Ciri-ciri dari masalah tersebut :
Ø  Siswa cenderung ribut bila guru menerangkan
Ø  Adanya siswa yang mengantuk
Ø  Siswa keluar masuk kelas


Penyebabnya :
Ø  Dominan menggunakan metode ceramah
Ø  Tidak menggunakan media dalam menjelaskan materi
Ø  Contoh yang diberikan hanya dari buku paket.

B.        Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalahnya “Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV semester I  Pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan media gambar”.

C.        Tujuan Penelitian
a.       Tujuan Umum
Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi dalam penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA.
b.      Tujuan Khusus
Memberikan gambaran tentang media gambar yang digunakan dalam pembelajaran IPA.

D.       Manfaat Penelitian
a.       Bagi guru, mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk dapat meningkatkan sistem pembelajaran di kelas.
b.      Bagi siswa, memudahkan siswa untuk mengingat materi pembelajaran khususnya dalam penggunaan media yang tepat agar tujuan pendidikan dapat tercapai.




DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar: