PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BANGUN DATAR


LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MATEMATIKA

PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI KAPAS IV KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN NGANJUK



KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ MALANG
POKJAR NGANJUK
PROGRAM S1


BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang mempunyai ssalah satu tujuan antara lain agar siswa dapat memahami konsep-konsep matematika dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tetapi dalam kenyataannya masih banyak sekali siswa yang lemah dalam pembelajaran matematika.
Sebagian siswa beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang membosankan sehingga siswa malas untuk mempelajarinya.Hal ini berkaitan pada hasil belajar siswa yang sangat rendah.Dalam kenyataan sehari-hari sering kita jumpai guru yang menggunakan metode tertentu yang kurang atau tidak cocok dengan isi tujuan pembelajaran.Metode ceramah adalah salah satu yang sering digunakansebagai metode pembelajaran dalam pelajaran matematika.
Berdasarkan hal di atas, maka penulis berusaha membuat suatu media yang tepat dan sekaligus dan melakukan penelitian sampai seberapa jauh daya serap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan media gambar sebagai upaya peningkatan keefektifan siswa dalam belajar.(R.M Soelarko,1995:6)
Karena di SD Negeri Kapas IV Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk sejauh ini masih menggunakan metode ceramah, maka dari itu penulis mengambil salah satu mede pembelajaran yaitu penerapan media gambar sebagai metode pembelajaran matematika. Dengan metode pembelajaran ini penulis beranggapanakan meningkatkan kemampuan dan penalaran siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Judul penelitian yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANGBANGUN DATAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI KAPAS IV KECAMATAN SUKOMORO KABUPATEN NGANJUK”.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah , maka rumusan masalah yang ditemukan sebagai berikut :
1.      Bagaimana proses pembelajaran dengan metode penerapan media gambar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri Kapas IV Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk?
2.      Apakah pembelajran dengan penerapan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajran matematika kelas V di SD Negeri Kapas IV Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk?  

C.       Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk :
1.      Mengetahui hasil penerapan pembelajaran media gambar terhadap motivasi siswa pada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri Kapas IV Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.
2.      Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar melalui.metode penerapan media gambar di kelas V SD Negeri Kapas IV Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.

D.      Manfaat Penelitian
Penelitian yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa dan sekolah.

1.         Manfaat bagi guru
a.       Menenmukan alternatif model / metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa.
b.      Memberikan acuan untuk mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan ketidakberhasilan pembelajaran.
c.       Meningkatkan kualitas pembelajaran
d.      Meningkatkan pengetahuan dan keprofesionalan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
2.         Manfaat bagi siswa
a.       Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.
b.      Menambah pengalaman belajar yang bermakna.
c.       Meningkatkan aktifitas dalam kegiatan belajar mengajar.
d.      Melatih siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

3.         Manfaat bagi sekolah
a.       Sebagai sarana untuk menemukan hambatan dan kelemahan pembelajaran di sekolah.
b.      Sebagai upaya untuk memperbaiki dan mengatasi masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas.
c.       Sebagai upaya untuk meningkatkan prsetasi belajar siswa sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.
Memberi masukan dalam rangka pengembangan kurikulum sekolah yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman


DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar: