PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR


LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PDGK 4501)
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP FOTOSINTESIS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI WARUJAYENG V KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK






KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT MALANG
POKJAR NGANJUK
S1 PGSD



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Salah satu tujuan Pendidikan Dasar adalah memberikan bekal keampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga Negara dan anggota umat manusia serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan menengah. Pendidikan Dasar yang dilakukan di sekolah dasar bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk jenjang berikutnya.
Mata pelajaran IPA mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Khusus untuk pendidikan SD diutamakan agar siswa mengenal, memahami serta mahir menggunakan konsep keterampilan IPA dalam kaitannya dengan praktek kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan pengamatan peneliti bersama dengan teman sejawat (Niswatul Hasanah, S.Pd) ditemukan bahwa siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa yang tuntas 41%, maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran.
Oleh karena itu, akan dipilih alternatif menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman tentang fotosintesis. Perlu diketahui bahwa denga metode demonstrasi siswa dapat memahami sesuai objek sebenarnya, mengembangkan rasa ingin tahu, siswa dibiasakan untuk kerja secara sistematis, serta dapat membandingkan pada bebearapa objek. Maka penulis membuat laporan dengan judul “Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Fotosintesis Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Warujayeng V Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk”.



B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
“Apakah Penerapan metode Demonstraasi dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar  Konsep Fotosintesis pada siswa kelas V di SD Negeri Warujayeng V Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk.”

C.      Tujuan Perbaikan
Penelitian ini bertujuan untuk :
Mengetahui peningkatan hasil belajar konsep fotosintesis

D.      Manfaat Perbaikan
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dan bermanfaat bagi :
1.    Guru
-          Membantu memperbaiki pembelajaran.
-          Memberikan masukan alternatif penggunaan alat peraga dalam pembelajaran IPA.
-          Menambah rasa percaya diri.
-          Melatih diri untuk mampu menulis PTK.
2.    Siswa
-          Menambah motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA.
-          Meningkatkan pemahaman siswa dalam menerapkan  konsep fotosintesis dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Sekolah
-          Membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan dan kemajuan pada diri guru dan mutu pendidikan.
-          Menambah acuan referensi bagi guru-guru.


DOWNLOAD FILE  FREE :

0 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner